Nama : Anandia Aliyani Putri

NIM : 21/480209/SV/19591

MBTI : ENFJ

Latihan 1

Sistem Informasi Pembangunan


Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Jelaskan disertai dengan ilustrasi satu contoh sistem infromasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi!

Pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam pembangunan karena sistem informasi sendiri pada dasarnya menjadi suatu elemen yang berperan penting dalam mengintegrasikan unsur-unsur dalam pembangunan mulai dari perencanaan hingga pada pengimplementasiannya. Seperti contoh dalam hal perencanaan pembangunan kawasan perdesaan. Adanya sistem informasi tentunya ini dapat menjadi jembatan untuk memudahkan perencana dalam memperoleh data dan informasi baik secara spasial, ekonomi, maupun sosial sehingga nantinya kebijakan pembangunan yang diambil dapat tepat sasaran. Selain itu, sistem informasi ini juga menjembatani pemerintah dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat sehingga informasi yang ada dapat dijangkau oleh masyarakat secara transparan.
Sebagai salah satu contoh dari pengimplementasian sistem informasi oleh institusi ialah SIDesa Jawa Tengah. SIDesa Jawa Tengah merupakan salah satu sistem yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang mana keberadaanya ditujukkan untuk menyediakan informasi data yang akurat dan terbarukan serta mendukung penentuan arah kebijakan pembangunan di Jawa Tengah sehingga diharapkan mampu meningkatkan perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran dengan dukungan data dari tingkat desa. Adapun informasi yang disediakan dalam SIDesa ini meliputi Data Informasi dari tingkat Provinsi hingga desa di setiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah seperti laporan keuangan di tingkat daerah hingga desa, data spasial dan sosial, data potensi desa, data BUMDes, serta fitur layanan elektronik yang dapat diakses oleh masyarakat secara terbuka. Dengan demikian, melalui sistem informasi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di suatu wilayah melalui ketersediaan data yang akuntabel, transparan, akurat, dan terbarukan.